See You in October



“See You in October”
Diceritakan oleh: A.A.K.
Ditulis kembali oleh: Neng Sarah. F

Skype yuk
Akhirnya gue berhasil juga menekan tombol send setelah berpikir cukup lama buat ngajakin dia Video Call sama gue. Gak cuma sampe disitu aja, ternyata gue harus nungguin dia buat ngebales ajakan gue. Cukup lama gue nungguin balesan chat Line dari dia, media sosial yang membuat gue deket, serta saksi diantara perkenalan dan pendekatan gue sama dia.
“Males ah, gue udah ngantuk”
“yah, yaudahdeh” bales gue dengan kecewa
Padahal sebelumnya gue udah seneng banget melihat pemberitahuan Line kalo ada chat, dan setelah gue buka, isinya kaya gitu? Gue langsung kecewa, kesel, bete. Tapi yaudahlah gue gabisa marah sama dia.Dia gatau gue ngecheck Line tiap menit cuma buat ngeliat dia udah bales chat gue apa belum. Dia cuma gatau gimana rasanya menunggu, menunggu sesuatu yang udah lama lo perjuangin dan lo harapin, but it was nothing.

***
            Namanya Sasa, adik kelas gue pas SMA. Sebenernya gue udah sering melihat Sasa di sekolah, tapi saat itu gue belum ada perasaan apa apa sama dia. Rambut lurus, kulit putih, tinggi, berkacamata, ya lumayan sih kalo diliat liat. Awal gue kenal sama Sasa waktu dia nge-follow twitter gue dan gue follow back, dan gak lama dia ngetweet ID Line dia, terus gue iseng aja nge-add Line-nya, dan gue chat sekedar cuma buat basa basi aja. Tapi lama lama gue ngerasa ada yang beda, dia ga cuma sekedar biasa dari apa yang pertama kali gue pikir. The way I feel about her. I’ve never felt with anyone else.
            Anaknya asik, gak ngebosenin, lucu dan yang paling gue seneng, dia gaa jaim kaya cewe cewe lain yang gue deketin. Gue jadi mulai tertarik sama Sasa, gue gak bisa berhenti buat gak bales chat dari dia, lebih tepatnya gue kecanduan chat sama Sasa tiap hari. Ada perasaan yang gak gue ngerti, yang bikin gue ngerasa nyaman dan nyambung sama dia, perasaan yang belum pernah gue rasain ke cewe cewe lain sebelumnya. She’s the first person I think about when I wake up in the morning, and the last I think about I go to sleep at night.
            Sebenernya agak telat juga gue deket sama Sasa, pas gue udah lulus. Gue jadi agak nyesel gabisa deketin dia pas gue masih sering seringnya ada disekolah. Sekarang ini gue nganggur, kerjaan gue cuma nongkrong nongkrong main ga jelas, futsal, nungguin Sasa pulang sekolah biar gue bisa chatting sama dia dan galau nungguin hasil SBMPTN tulis.

***
            “Sar, lo lagi sama Sasa?” gue nge-BBM Sarah, temen main yang biasanya sama Sasa. Sebenernya sebelum ini gue lagi ada masalah sama Sasa. Gue abis berdebat tentang hubungan gue sama dia yang kalo bisa dibilang semacam “hubungan tanpa status” dan gue paling anti menyandang status itu. Hubungan yang ga jelas, dibilang pacaran juga engga, dibilang temen, udah pasti lebih. Sasa paling gasuka kalo gue udah ngebahas yang kaya gini gini, dia langsung bete dan menegaskan bilang kalo kita emang cuma temen. Apa lo bisa nerima orang yang lo anggap spesial,nganggep lo cuma sekedar teman? Absolutely, I can’t promise her a perfect relationship, but what I can promise her is that if she’s trying, I’m staying.
            Gue ga percaya kalo dia samasekali gak punya perasaan buat gue, karna yang gue tau, dia sempet  jadi secret admirer gue sebelum gue deket sama dia, dan awal gue ngechat, dia juga ngerasa seneng banget, itu salah satu info yang gue tau dari temennya Sasa.
            “Iya, gue lagi di STMJ nih” bales Sarah lewat BBM.
            “Gue nyusul ya? Boleh ga?” Tanya gue.
            “Yaudah”
            Gue langsung ngendarain motor gue ke STMJ yang biasa buka malem di deket SMP 1 itu. Begitu nyampe, gue langsung nyamperin Sasa sama temen-temennya, kalo di pikir-pikir sebenernya agak malu juga gue asal nimbrung nimbrung gini sama temen temennya Sasa. Gue duduk disamping Sasa, gue coba buat ngelucu, tapi malah jadi jayus saking gue groginya. Gue jadi salah tingkah karna ini kali pertama gue ngobrol langsung dan bisa sedeket ini sama Sasa.

***
            Gue buka laptop dan langsung pasang modem buat ngeliat hasil SBMPTN tertulis gue yang hari ini udah diumumin via web. Begitu gue buka, gue mendapati tulisan selamat dengan font yang besar dan huruf kapital bahwa gue diterima di UNS. Gue bahagia banget bisa lulus PTN buat ngelanjutin sekolah gue, tapi ada sebagian perasaan sedih yang menyelimuti hati gue, kalo ini berarti gue bakal tambah jauh sama Sasa, bakal jarang ngeliat dia lagi, dan butuh waktu yang gak sebentar balik ke Bekasi buat ketemu lagi sama Sasa. Gue pengen sebelum gue ke Solo buat kuliah disana, gue ketemu Sasa dulu buat yang terakhir kalinya. Jadi, gue berniat ngajak dia nonton berdua sama gue.
`           “Sa, nonton yuk”  ajak gue via chat Line
            “Nonton apa?”
            “Apa aja yang seru, kayaknya lagi banyak film bagus nihjawab gue, yang sebenernya gue juga gatau ada film apa
            “yaudah boleh deh
            “janji? tanya gue meyakinkan
            “iyaa”

***
            “Gak ah, gue mager”
Seenaknya banget dia jawab mager, seenaknya banget dia ngebatalin janji satu jam sebelum tepat gue bakal ngejemput dia dirumahnya.Dia gatau gue abis balik dari Solo H-1 janjian gue sama dia, gue bela-belain pulang duluan ke Bekasi dibanding keluarga gue yang masih ada di Solo yang lagi nyiapin persiapan gue kuliah disana. Gue ke bandara sendirian, naik pesawat sendirian cuma buat nepatin janji gue sama dia.
“Kenapa emang? Kok dadakan banget sih ngebatalinnya?” tanya gue heran, karna ga biasanya Sasa kaya gitu.
“gapapa, gue pengen tidur aja seharian ini”
Dan dia seenaknya ngomong gitu? Padahal itu salah satu kesempatan gue buat ngomong serius langsung sama Sasa, karna gue bakal susah lagi ketemu sama dia.
Apa salahnya sih ngehargain gue dikit aja? Apa salah kalo gue cuma pengen dianggap? I’m not going to talk you for a while. I need you to miss me. I need you to appreciate having me in your life.
 Sasa udah ngebatalin, dan gak lama  gue bakal balik ke Solo lagi buat kuliah disana. Sebenernya gue udah sering ngajak jalan Sasa, tapi selalu gagal karna Sasa yang ngebatalin, dan kadang alasan dia gak logis, ya maleslah, ada acara lainlah, main sama temenlah. Dan belakangan gue baru tau kalo ternyata Sasa masih galauin mantannya. Dan sialnya kenapa nama mantannya musti sama kaya nama gue. Dia ga bisa liat udah ada gue didepan dia? I get jealous because I’m afraid  he’s going to make you happier than I do.
            Gue masih kesel sama Sasa tempo hari dia ngebatalin janji sama gue. Gue ngediemin dia. Tapi reaksi dia? Dia sama sekali ga peduli, engga ngerasa bersalah bahkan minta maaf aja engga. Kenapa sih gue musti suka sama macem orang kaya dia? Padahal biasanya cewe cewe yang gue deketin, yang lebih cantik dari dia aja gampang banget ngebuat cewe itu suka sama gue bahkan sampe ngarep gue bakal jadian sama dia. Tapi Sasa? Kadang gue suka mikir kalo gue bakalan nyerah, tapi emang itu yang gue suka, semakin sulit, gue semakin penasaran, dan bakal gue kejar,dan gue akan tunggu sampe Sasa bisa sama gue. if she’s amazing, she won’t be easy. If she’s worth it. I won’t give up. If I give up. I’m not worthy.
            Malem ini gue ngajak skype Sasa untuk terakhir kali gue masih dibekasi, karna besok gue udah berangkat ke Solo. Dan beruntung dia nerima ajakan video call sama gue. Awal chat gue cuma basa basi, dan makin lama obrolan berlangsung serius
            “Dulu siapa yang seneng di chat duluan sama gue? Siapa yang suka duluan sama gue? Tanya gue dengan agak emosi
            “Iya, gue”
            “Tapi kenapa lo gabisa nerima kalo kita bisa lebih dari sekedar temen, Sa?”
I just want you. I just want us.
            “Lo dateng disaat waktu yang ga tepat. Itu aja.”
“Kalo disuruh milih gue sama mantan lo, lo lebih milih gue apa dia?”
“Kenapa pertanyaan lo kaya gitu?”
“Ya tinggal jawab aja, Sa.”
“Dia”
“Jadi lo bakal balikan sama dia?”
“Gue gatau, gue ngerasa egois, I don’t want lost both of you
But, if I had chance to be with you only 1%. I will fight that thing. Tapi kalo lo balikan sama dia, gue gabakal ganggu-ganggu lo lagi”
“Hmm, yaudahlah let times answer your question”
“Tapi sampe kapan?”
“Jadi lo ga mau nunggu?”
“Nunggu, Sa? Ini namanya apa kalo bukan nunggu? Selama empat bulan ini gue ngapain kalo bukan nunggu? Gue masih nunggu lo sampe sekarang, Sa”
Gue cuma bisa liat muka Sasa di layar tab gue, tapi gue gabisa denger suara dia karna sound gue rusak, sedangkan Sasa bisa ngedenger dan liat muka gue, tapi semakin serius obrolan ini, gue semakin menjauhkan muka gue dari layar tab, karna gue gamau Sasa ngeliat muka gue yang sedih, ngeliat mata gue yang mulai berkaca kaca ngebaca chat skype dari dia.
            “Curang lo ah, masa mukanya gak diliatin”
            “Haha, lo gak usah liat muka gue juga lo tau kan dari suara gue kalo gue kenapa” suara gue gabisa gue tahan, gue ngomong dengan suara yang bergetar. Sasa cuma diem. Gue gamau percakapan ini semakin melankolis dan ngebuat gue sebagai cowo keliatan lemah dihadapan Sasa.
Yes, I’ve seen you at your worst and I still think you’re the best.
            “besok gue udah ke Solo, Sa. Tapi gue bakal tetep nungguin lo. Gue bakal balik dua bulan lagi ke bekasi. Jadi, See you in October




Comments